Kamis, 17 Mei 2012

LASAGNA

Bahan :
8 lembar lasagna kering
200 gr mozarella parut
50 gr keju parmesan parutSaus Daging :
2 sdm margarin
1 siung bawang putih, cincang
100 g bawang bombay, cincang
500 gr daging sapi cincang
500 gr tomat, rendam dalam air panas, kupas kulitnya, cincang
175 gr pasta tomat
200 ml air
1¼ sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt oregano
¼ sdt basil bubuk
2½ sdt gula pasir
SAUS KEJU :
60 gr margarin
60 gr tepung terigu
700 ml susu cair
150 gr keju cheddar parut
½ sdt merica bubuk
½ sdt pala bubuk
Cara membuat:
1. Didihkan 2000 ml air di dalam wajan, tambahkan 1 sdm minyak goreng dan lasagna kering, masak selama ± 15 menit atau sesuai petunjuk dalam kemasan, angkat tiriskan. Panaskan oven pada suhu 180°C.
2. Saus daging : Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai layu. Masukkan daging cincang, aduk sampai berubah warna, masukkan tomat cincang, pasta tomat dan air. Tambahkan garam, merica, oregano, basil dan gula pasir. Masak dengan api kecil sampai kental, angkat.
3. Saus keju : Panaskan margarin di atas api kecil atau sedang, masukkan tepung terigu, aduk sambil tuangi susu sedikit demi sedikit. Setelah adonan licin, masukkan keju, merica dan pala, aduk rata, angkat.
4. Siapkan 4 buah loyang tahan panas ukuran 11 cm x 16 cm x 4 cm, alasi dengan kertas aluminium, lalu olesi dengan margarin. Taruh selembar lasagna di dasar loyang. tambahkan saus daging dan saus keju diatasnya, ratakan. Lapisi dengan lasagna dan bahan lainnya dengan urutan yang sama, paling akhir taruh lasagna diatasnya.
5. Taburi keju mozarella dan keju parmesan. Masukkan loyang ke dalam oven yang sudah dipanaskan, panggang selama ± 20 menit, angkat. Sajikan dan nikmati lasagna selagi masih hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar