Kamis, 10 November 2011

Baik dan Buruknya Pengaruh Iklan di TV


Iklan merupakan sarana yang sangat penting bagi kita. Iklan bisa dibuat secara audio, visual, dan audio-visual. Iklan di TV merupakan salah satu contoh iklan yang dibuat secara audio-visual. Iklan memberikan dampak bagi yang melihat dan membuatnya. Bukan hanya dampak positif yang dapat ditimbulkan dari iklan, bahkan iklan bisa memberikan dampak negatif bagi yang melihatnya.

Dampak positif apa sajakah yang dapat diberikan dari iklan di TV? Dari segi ekonomi, dengan adanya iklan di TV dapat memberikan manfaat bagi si pembuat iklan untuk mempromosikan barang atau sesuatu yang ingin ia pasarkan ke masyarakat luar, dimana kegiatan promosi tersebut sangat membantu dalam kegiatan perusahan yang ia iklankan. Selain bagi si pembuat iklan, adanya iklan di TV memberikan manfaat berupa info-info kejadian terkini, produk-produk terkini, dan hal-hal yang tentu saja sebelumnya diketahui oleh penontonnya. Dari dampak tersebut, ada pula dampak negatif iklan di TV. Dengan adanya iklan di TV akan berpengaruh bagi psikologis orang yang seharusnya tidak melihat iklan tersebut, seperti halnya anak kecil yang melihat iklan orang dewasa. Selain itu pula, iklan-iklan di TV yang terlihat berlebihan akan mempengaruhi seseorang melakukan hal seperti apa yang di iklankan di TV tersebut. Mungkin apabila iklan tersebut terlihat seperti kegiatan positif, maka tidak akan mengkhawatirkan pihak yang melihatnya, tetapi iklan-iklan seperti rokok, tentu saja bisa membuat orang yang melihatnya ingin mencoba rokok tersebut, karena terpengaruh oleh iklan tersebut. Jadi sebenarnya iklan bisa memberikan dampak positif maupun negatif bagi kita, tergantung jenis iklan apa yang di iklankan itu dan bagaimana kita menyikapi iklan tersebut, dan jangan mudah terpengaruh oleh kata-kata iklan yang menarik perhatian.

by : tataa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar