Senin, 28 November 2011

EUFORIA SEA GAMES (khususnya dalam Sepak Bola)



Sea Games adalah ajang olahraga yang diadakan 2 tahun sekali dan melibatkan 11 negara di Asia Tenggara. Sea Games yang ke-26 ini sangat ditunggu-tunggu oleh bangsa Indonesia termasuk saya salah satunya. Ini adalah tahun keempat dimana Indonesia menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Sea Games kali ini. Sea Games 2011 ini diadakan di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang, dimana terdapat 44 cabang olahraga yang akan dipertandingkan untuk memperebutkan 542 medali emas.

Antusiasme masyarakat untuk menyemangati para atlet-atlet Indonesia sangatlah besar, keikutsertaan masyarakat dalam memeriahkan pesta olahraga ini sangatlah terlihat jelas. Hal yang paling terlihat jelas adalah support masyarakat ketika menyemangati atlet-atlet Indonesia, contohnya adalah pada salah satu cabang olahraga yaitu sepak bola. Sangat terlihat jelas, ribuan orang datang memenuhi Gelora Bung Karno untuk datang memberi semangat kepada Garuda Indonesia, tak terkecuali saya. Saya bersama pacar, dan teman-teman saya pun datang langsung ke GBK untuk menyemangati Garuda Indonesia, mulai dari pertandingan INA vs THA sampai final INA vs MAS. Meskipun harus mengantri begitu panjang ketika memasuki tempat pertandingan, kami tak pantang menyerah untuk tetap semangat. Banyak kejadian yang kita lewati, mulai dari kelaparan, kepanasan, kelelahan, bahkan sampai kehilangan barang berharga. Namun itu semua tidak menyuruti semangat kami untuk tetap memberi semangat kepada Garuda Indonesia secara langsung.

Titik puncak dari antusiasme masyarakat khususnya dalam memberi semangat kepada atlet olahraga sepak bola adalah terlihat pada pertandingan final INA vs MAS. Dengan sekejap GBK berubah menjadi lautan merah, bahkan diberitakan bahwa ada dua orang yang meninggal dunia akibat berdesakan ingin melihat pertandingan final tersebut. Antusiasme masyrakat yang merelakan berdesakan untuk menyaksikan pertandingan final tersebut, itu semua dilakukan semata-mata rasa cinta bangsa Indonesia untuk mendukung negerinya melawan Malaysia, dan tentu saja mungkin dilandasi rasa balas dendam akan perbuatan Malaysia terhadap Indonesia. Namun sayang, mungkin Indonesia belum diberi kesempatan untuk menang melawan Malaysia. Mungkin dilain waktu Indonesia akan memenangkan pertandingan melawan Malaysia. Tapi walau bagaimanapun juga Indonesia sudah memberikan yang terbaik, karena Indonesia keluar menjadi juara umum di Sea Games kali ini dengan membawa pulang 182 medali emas, 151 perak, dan 143 perunggu. Setidaknya Indonesia sudah berusaha memberikan yang terbaik lewat cabang olahraga lainnya, meskipun hambar jikalau tidak membawa pulang medali emas dari cabang olahraga sepak bola. Maju terus Indonesiaku! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar