Senin, 28 November 2011

Mengontrol Keuangan Pribadi dengan Pemrioritasan Kebutuhan

Seberapa penting uang bagi manusia? Jawabannya adalah sangat penting! Memang uang bukan segalanya, tapi segalanya bisa lebih baik dengan adanya uang. Bagi manusia uang sepertinya adalah segala-galanya, karena dengan uang manusia bisa melakukan apa saja. Dengan uang manusia bisa memenuhi semua kebutuhannya. Bahkan jika dihubung-hubungkan dengan dunia politik uang merupakan sesuatu yang memegang kendali yang besar, karena dengan uang manusia bisa berkuasa. Tapi pada dasarnya uang adalah benda yang bisa habis jika kita hanya menggunakannya saja tanpa melestarikannya dalam artian bekerja untuk mendapatkan uang tersebut.

Pengeluaran uang secara berlebihan dan tidak sesuai dengan kebutuhan merupakan pemborosan. Banyak orang tidak dapat mengontrol keuangan pribadinya sehingga mereka akhirnya terjatuh kedalam dunia pemborosan dimana akhirnya akan merugikan dirinya sendiri pula. Untuk itu agar terhindar dari pemborosan sebaiknya kita pintar-pintar dalam menggunakan uang yang kita punya. Sebaiknya uang yang kita miliki di prioritaskan untuk memenuhi kebutuhan yang benar-benar sangat kita butuhkan seperti kebutuhan sehari-hari (sandang, pangan). Sandang dan papan yang dimaksut disini juga bukanlah yang berlebihan, misalnya jika kita masih mempunyai baju yang masih layak dipakai kenapa kita harus membuang-buang uang untuk membeli pakaian baru yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Walaupun sebenarnya saya pribadi pun suka melakukan hal tersebut, hehe :p . Setelah semua kebutuhan tersebut terpenuhi biasakanlah untuk menabung sisa uang yang kita miliki, dan jangan lakukan kegiatan yang tidak berguna yang menghambur-hamburkan uang terlalu banyak. Mungkin kita butuh hiburan/refreshing yang memang memerlukan uang agak banyak, namun tidak setiap hari kita melakukan kegiatan tersebut karna akan membawa kita ke dalam pemborosan.

Mungkin sebagai mahasiswa saya masih sering tidak memperhatikan keuangan pribadi saya. Namun memang seharusnya kita harus menyadari betapa sulitnya mencari uang, sehingga kita lebih menghargai uang dan tidak menghambur-hamburkan uang. Tentu saja dengan menggunakan uang untuk memenuhi kebutuhan bukan untuk berpoya-poya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar